Flickr Gallery

Baca Novel Online : Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Lengkap 382 Halaman

Tidak ada komentar
Baca Novel Online : Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata Lengkap  

Sinopsis :

Penulis: andrea hirata
Penerbit: bentang pustaka
Tahun pertama terbit: 2005

Novel berjudul laskar pelangi ini adalah novel pertama dari serangkaian tetralogi milik andrea hirata. Buku lanjutan laskar pelangi ini, merupakan terbitan lanjutan dari buku yg berjudul sang pemimpi, endesor. Dan   maryamah karpov. Laskar pelangi sendiri sudah sebagai kitab     sastra terlaris sepanjang sejarah perbukuan pada indonesia. Dan  perkembangan terakhirnya, novel apik ini sudah diterbitkan pada banyak sekali benua di aneka macam bahasa. Apa yg menarik dari novel laskar pelangi ini?

Secara garis bersar, novel ini bercerita kehidupan kanak-kanak beberapa bocah pada belitong. Andrea hirata memulainya memakai kisah miris dunia pendidikan pada indonesia dimana sebuah sekolah yg keurangan siswa hendak ditutup. Sekolah tersebut ialah SD muhammadiyah di gantung belitung timur. Tetapi, karena peserta didik yg terdaftar genap 10, sekolah menggunakan bangunan seadanyatersebut tetap diijinkan beraktifitas mirip umumnya. Ke-sepuluh murid tadi adalah para laskar pelangi. Nama yg diberikan pengajar mereka bernama bu mus, oleh sebab kegemaran mereka terhadap pelangi. Siapa saja mereka?

Tokoh pada novel ini ialah ikal, lintang, sahara, mahar, a kiong, syahdan, kucai, borek, trapani, dan    juga harun. Mereka ialah sahabat yg kisahnya memesona global lewat tangan dingin oleh penulis. Kitab   laskar pelangi bercerita keseharian mereka di sekolah serta   pada lingkungan sosial. Mereka adalah anak-anak desa menggunakan tekad luar biasa. Perjalanan mereka dipenuhi peristiwa yang tidak terduga. Secara perlahan mereka menemukan keunggulan ddalam diri serta   persahabatan. Ini mungkin yg menjadi titik fokus andrea hirata. Dia pula piawai menyisip lawak pada kisah ini.

Sudut pandang bercerita pada novel ini memakai orang pertama yakni “aku  ”. Saya   sendiri ialah si ikal. Dia anak yg pandai   meski berada pada urutan kedua setelah lintang, bocah terpandai pada pada kelas mereka. Si ikal ini memberikan minat yang akbar  pada sastra. Hal ini terlihat dari kegemarannya menulis puisi. Lain lagi memakai tokoh lintang. Dia digambarkan sebagai anak yg sangat jenius. Orangtuanya seseorang nelayan, yang miskin serta hanya tidak mempunyai perahu. Mereka mempunyai keluarga dalam jumlah yg melimpah, 14 koordinator. Lintang sangat suka   matematika. Namun, cita-citanya menjadi seseorang pakar matematika wajib    terpangkas menggunakan tuntutan membantu orangtua menafkahi famili. Terlebih waktu ayahnya mati .
Tokoh lainnya ialah sahara. Beliau artinya anak perempuan   satu-satunya di cerita ini. Beliau berpendirian kuat dan   cenderung keras koordinator. Sementara itu, mahar, dia digambarkan bertubuh ceking serta  mencintai seni. Dia senang  menyanyi serta  gemar pada okultisme. Tokoh berikutnya merupakan a kiong. Berasal namanya sangat jelas Bila dia adalah keturunan tionghoa. Dia sangat menyukai mahar serta   mengikutinya kemanapun. Beliau digambarkan tidak bagus namun hatinya “ganteng  ”.
Lanjut ke syahdan. Perangainya ceria meski dia tidak pernah menonjol di kelas. Ad interim itu kucai, ialah tokoh pada cerita yang didaulat menjadi koordinator kelas. Dia digambarkan menderita penyakit rabun jauh karena dia kekurangan gizi. Borek, trapani dan  harun ialah anggota laskar` pelangi yg terakhir. Borek digambarkan menjadi anak yg terobsesi menggunakan otot. Dia ingin sebagai lelaki yg paling macho. Trapani, beliau ganteng   serta   pintar. Beliau lengket memakai oleh ibu  . Terakhir, harun. Dia Istimewa sebab beliau tidak sama memakai anak-anak lainnya. Dia mengalami keterbelakangan mental. Tetapi sesuai beberapa orang, tokoh harun ini digambarkan menggunakan cukup bagus menjadi akibatnya banyak yang jatuh cinta di sosoknya.

Novel laskar pelangi berkisah perjuangan hayati kesepuluh anak ini menghidupkan asa di antara kehidupan mereka yang berat. Terdapat dinamika pada dalamnya. Anggun meski berat. Kisah spesial   anak-anak yang memandang dunia menggunakan ambisi yang sederhana. Andrea hirata, meski banyak dihujat sebab mengklaim cerita ini konkret, memang terkesan hiperbola di beberapa hal. Namun toh, menjadi novel pembangun, laskar pelangi berhasil merubah secuil dunia pendidikan kita, merecharge semangat mereka yang lain buat meraih ilmu.

Membaca laskar pelangi memberikan pengalaman sastra yg baik. Bahasanya sederhana sebenarnya tetapi dikemas menggunakan unsur melayu. Novel ini “berwajah” sastra, bercitarasa “motivator jiwa” dan  dibumbui kisah kanak-kanak yang nrimo. Direkomendasikan bagi seluruh pembaca. Sinopsis novel laskar pelangi ini hanya menyajikan sekelumit kisah di pada laskar pelangi. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, baca utuh novelnya ya. Selamat berburu!


Silahkan Baca Kisah Lengkapnya Dibawah Ini...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar